Aturan baru Angka Kredit bagi kenaikan Jabatan Guru

December 29, 2011 by   - dibaca 9,696 kali
Leave a Comment

Aturan baru Angka Kredit bagi kenaikan Jabatan Guru

Aturan baru Angka Kredit bagi kenaikan Jabatan Guru ini akan berlaku efektif mulai tanggal 1 Januari 2013 dimana untuk kenaikan pangkat jabatan Fungsional Guru serendah-rendahnya Golongan III/b diwajibkan membuat Karya Inovatif berupa Penelitian, Karya Tulis Ilmiah, Alat Peraga, Modul, Buku, atau Karya Teknologi Pendidikan yang nilai angka kreditnya disesuaikan.

Peraturan baru yang mengatur kenaikan pangkat jabatan fungsional guru (guru dan kepala sekolah) telah terbit ini dan ditetapkan berdasar:

  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 tanggal 10 November 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  2. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tanggal 6 Mei 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Kutipan sebagai isi Juklak Syarat kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional Guru yang baru

  1. III/a ke III/b wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 3 angka kredit.
  2. III/b ke III/c wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 3 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 4 angka kredit.
  3. III/c ke III/d wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 3 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 6 angka kredit.
  4. III/d ke IV/a wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 4 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 8 angka kredit.
  5. IV/a ke IV/b wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 4 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 12 angka kredit.
  6. IV/b ke IV/c wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 4 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 12 angka kredit (dan harus presentasi di depan tim penilai).
  7. IV/c ke IV/d wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 5 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah dengan 14 angka kredit.
  8. IV/d ke IV/e wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 5 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 20 angka kredit.

Semoga bermanfaat.

Sumber:

[1] http://disdik-lampung.info/2011/11/aturan-baru-angka-kredit-bagi-kenaikan-jabatan-guru/

Download Juklak Peraturan Baru Angka Kredit kenaikan pangkat jabatan fungsional guru
[1] DOWNLOAD JUKLAK LENGKAP ANGKA KREDIT GURU
[2] Download Juklak Permen Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
[2] Lampiran lembar peryataan Kompetensi guru dan PK Guru
[3] Download Format Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) terbaru
[4] Lampiran Isi Permen Nomor 35 tahun 2010

angka kredit jabatan fungsional guru, permen pk guru dan angkaa kredt, proposal rpp silabus kegiatan pengajaran ptk, angka kredit jabatan guru, uu terbaru tentang jabatan fungsional dan angka kredit, download aturan baru kenaikan pangkat guru, kenaikan pangkat guru 2013, peraturan bersama mendiknas dan kepala bkn nomor 03 v pb 2010 dan nomor 14 tahun 2010, kredit iphone lewat internet, penghitungan angka kredit guru terbaru 2011, proposal rpp selabus kegiatan pengajaran ptk, contoh karya ilmiah sertifikasi, contoh karya ilmiah guru sd 2011, Permen terbaru ttg kenaikan pangkat guru, uu yang mengatur tentang kredit terbaru, persyaratan kenaikan pangkat terbaru untuk guru, peraturan tiga menteri tentang kenaikan pangkat dan golongan pns tahun 2010, peraturan terbaru tentang kenaiakan pangkat, peraturan tentang guru terbaru, peraturan guru terbaru

 

Komentar Anda?

  1. September 13, 2012 at 9:57 am

    makasih buat informasi nya terus berikan kami informasi

    • September 19, 2012 at 2:52 am

      siap bu

  2. September 14, 2012 at 7:17 am

    terima kasih

    • September 19, 2012 at 2:51 am

      sama-sama pak

  3. September 19, 2012 at 8:29 pm

    makasih buat informasinya, sangat membantu saya.

    • October 1, 2012 at 3:26 am

      sama2
      mari kita sama-sama belajar
      kita sukseskan pendataan dikdas

Komentar Anda?